KEBIJAKAN DAN TEORI PENGAMBILAN KEPUTUSAN / S3

PEDOMAN PERKULIAHAN

MP 604

KEBIJAKAN DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN

Semester:

TA:

Hari Perkuliahan:

Tempat:

Dosen :

Prof. Dr. Sutjipto

No. Telp: 4891840 (K)

No. HP: 062811944716

e-mail: tjipto99@cbn.net.id

B.P. Sitepu

No. HP. 08176808487

e-mail: risona_stp@yahoo.com

Hari Konsultasi:  Dengan perjanjian

PEDOMAN PERKULIAHAN                                                                                SILABUS

PASCASARJANA UNJ

PRODI MANAJEMEN PENDIDIKAN

STRATA 3

DESKRIPSI

Dalam mata kuliah ini dikaji paradigma, proses, dan praktek pengambilan keputusan yang berlaku dalam organisasi, termasuk organisasi pendidikan. Pembahasan melalui pengambilan keputusan baik dalam aras kebijakan maupun operasional, peranan psikologis dan lingkungan serta organisasi dalam pengambilan keputusan. Berbagai kasus pengambilan keputusan dalam bidang pendidikan dibahas dengan referensi teori pengambilan keputusan.

TUJUAN

Tujuan umum mata kuliah ini memberikan pemahaman kepadaa mahasiswa akan paradigma, proses, dan praktek pengambilan keputusan yang berlaku dalam organisasi, termasuk organisasi pendidikan. Dengan pemahaman demikian mahasiswa diharapkan dapat melakukan penelitian untuk pengembangan teori dan praktek kebijakan dan pengambilan keputusan khususnya di bidang pendidikan.

POKOK BAHASAN

  1. Pengambilan Keputusan dan Organisasi
  2. Premis Pengambilan Keputusan
  3. Rasionalitas dalam Prilaku Organisasi
  4. Psikologi Keputusan Administratif
  5. Equilibrium dalam Organisasi
  6. Pengaruh Organisasi dalam Pengambilan Keputusan.
  7. Anatomi Organisasi
  8. Implemenatsi Keputusan Kebijakan
  9. Hubungan antara Penelitian dan Pengambilan Keputusan Kebijakan

BUKU WAJB

Simon, H. A. (1976). Administrative Behavior: A study of decision making process in administrative organization, (4th ed.) New York: The Free Press.

Allison, G. & Zelikow, P. (1999). Essence of decision. (2nd ed) New York: Longman.

Husen, T. (1984) Educational research and policy: How do they relate? . Oxford: Pergamon Press.

STRATEGI

  1. Kuliah ini diselenggarakan dalam 16 kali pertemuan dan  mengutamakan penguasaan topik/pokok bahasan yang telah disepakati ketika membicarakan kontrak kuliah ini. Apabila ada perkembangan baru, topik/pokok bahasan yang telah disepakati dapat diperkaya.
  2. Pendekatan yang diterapkan dalam mata kuliah ini ialah pembelajaran orang dewasa ( andragogy/adult learning) dengan menggunakan lebih banyak teknik diskusi daripada ceramah. Mengacu pada perolehan dari membaca atau pengalaman pribadi, mahasiswa diharapkan secara aktif  memberikan pendapat atau mengaju-kan hal-hal yang perlu didiskusikan.
  1. Kuliah ini lebih merupakan upaya saling belajar di antara dosen-mahasiswa dan antar mahasiswa dengan mengutamakan kegiatan presentasi, diskusi dan argumentasi atas berbagai issue yang diidentifikasikan sebagai pokok bahasan.
  2. Sebagai dasar penilaian, dalam mata kuliah ini dilakukan (a) Quiz Mingguan, (b) Presentasi Pokok Bahasan, (c)  Kajian Artikel, (d) Analisis Kasus, (e) UTS, dan (UAS)
  3. Quiz: Sebelum pembahasan pokok bahasan diadakan quiz selama 10 menit dengan tujuan mengetahui pemahaman mahasiswa atas pokok bahasan yang akan dibahas. Quiz dibuat dalam bentuk pilihan ganda atau esai.Quiz juga berfungsi sebagai konfirmasi kehadiran mahasiswa
  4. Presentasi Pokok Bahasan: Dalam penyajian/presentasi kelompok, mahasiswa diwajibkan menyusun dan membagikan handout beirisi konsep-konsep pokok bahasan serta dipaparkan secara deskriptif ,kritis, dan  berimpruvisasi dengan memberikan contoh-contoh yang aktual. Isi paparan hendaknya memotivasi diskusi. Masing-masing anggota kelompok memahami pokok bahasan secara utuh. Format penilaian terlampir
  1. Kajian Artikel :Artikel:karya asli dalam bahasa Inggris, berisi laporan penelitian di bidang yang berkaitan dengan mata kuliah ini, dimuat di internet atau jurnal. Kajian disusun dalam bentuk integrated essay antara 1500 – 2000 kata. Kajian didukung dengan setidak-tidaknya tiga reference yang di antaranya adalah buku wajib mata kuliah ini. Contoh kajian dan kriteria penilaian terlampir.
  2. Analisis Kasus: Menganalisis kasus yang berkaitan dengan mata kuliah ini di organisasi tempat mahasiswa bekerja atau organisasi lain yang dekenal baik oleh mahasiswa. Kasus yang dipilih dianalisis berdasarkan teori-teori yang dipelajari dalam mata kuliah ini dengan menguraikan secara jelas konsep-konsep yang dipakai, alasan terjadinya kasus, alternatif-alternatif pemecahan, serta rekomendasi atau kritik jika kasus telah dipecahkan. Kriteria penilaian Analisis Kasus terlampir.
  3. Kajian Artikel diserahkan pada waktu Ujian Tengah Semester dan Analisis Kasus diserahkan pada waktu Ujian Akhir Semester. Keterlambatan menyerahkan tugas dianggap tidak memasukkan tugas serta tidak diberi nilai.
  4. UTS dan UAS: UTS diselenggarakan pada pertemuan ke-8 dan mencakup semua pokok bahasan yang dibahas sebelumnya. UAS diselenggarakan pada pertemuan ke- 16 mencakup keseluruhan pokok bahasan yang dibahas dalam satu semester.Soal UTS dan UAS dalam bentuk esai dan diselenggarakan di kelas atau di luar kelas.

PENILAIAN

Kriteria penilaian didasarkan atas persyaratan berikut;

A. Ujian Tengah Semester               20

B. Ujian Akhir Semester                   30

C. Kajian Artikel Hasil Penelitian 10

D. Analisis Kasus                                 15

E. Presentasi                                         12

F. Quiz Mingguan                                13

———————————————–

Jumlah                                                100

Mahasiswa yang mengikuti semua kegiatan perkuliahan diberikan penghargaan 5 %

Mahasiswa yang melanggar kode etik akademik dinyatakan tidak lulus dalam mata kuliah ini.

Rentang penilaian

SKOR

PRESENTASE

SKOR
91 – 100 3,8  < A    < 4,0
81 – 90 3,5 < A –  < 3,7
76 – 80 3,2 < B +  < 3,4
71 – 75 2,8 < B     < 3,1
61 – 70 2,5 < B –  < 2,7
56 – 60 2,2 < C + < 2,4
BL

BUKU PELENGKAP

Dunn, W.N. (1981). Public policy analysis. Englewood Cliffs; Prentice Hall

Johnson, R.A. Kast, F.E. & Rosenzweig, J.E. (1963). The theory and management of systems. Tokyo: Mcgraw-Hill Kogakusha, Ltd 8)

March, J.G. & Simon, H.A. (1958). Organizations. New York: John Wiley Sons, Inc.

Shapira Z. ed. (2002). Organizational decision making. Cambridge: Cambridge University

Shelton, K. (ed). (1997). A new paradigm of leaership: Visions of excellence for 21 st century organizations. Provo: Executive Excellence Publishing.

SILABUS

PRT MATERI KULIAH SUMBER PENYAJI
1. Pengantar

(penjelasan kuliah,pengambilan keputusan dalam konteks kebijakan, pengambilan keputusan dalam organisasi, isu metodologis dalam memahami keputusan, penelitian dalam kebijakan dan pengambilan keputusan)

Kontrak kuliah,

Dunn, Simon, Allison, Husen & Kogan,

Dosen
2.
  • I. Decision Making and Administrative Organization
  • Quiz 1
Simon, March & Simon, Johnson KELOMPOK
3.
  • II. Some Problems of Administrative Theory
  • Quiz 2
Simon KELOMPOK
4.
  • III. Fact and Value in Decision Making
  • IV. Rationality in Administrative Behavior
  • Quiz 3
Simon

Simon

KELOMPOK
5.
  • V. The Psychology of Administrative

Behavior

  • Quiz 4
Simon KELOMPOK
6.
  • VI. The Equilibrium of the Organization
  • Quiz 5
Simon KELOMPOK
7.
  • VII. The Role of Authority
  • VIII. Communication
  • Quiz 6
Simon KELOMPOK
8.

Ujian Tengah Semester

9.
  • IX. The Criterion of Efficiency
  • Quiz 7
Simon KELOMPOK
10.
  • X. Loyalties and Organizational Identification
  • Quiz 8
Simon KELOMPOK
11.
  • XI. The Anatomy of Organization
  • Quiz 9
Simon KELOMPOK
12
  • Conceptual Models and the Cuban Missile Crisis : Model I (RAM)
  • Quiz 10
Allison &

Zelikow

KELOMPOK
13.
  • Conceptual Models and the Cuban

Missile Crisis: Model II (OBM)

  • Quiz 11
KELOMPOK
14.
  • Conceptual Models and the Cuban

Missile Crisis: Model III (GPM)

  • Quiz 12
KELOMPOK
15.
  • Educational Research in Policy & Decision Making
  • Quiz 13
Husen & Kogan KELOMPOK
16. General Review Dosen

Ujian Akhir Semester

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s