BUKU TEKS PELAJARAN BERBASIS ANEKA SUMBER

Buku Teks Pelajaran Berbasis Aneka Sumber

B.P. Sitepu*)

Selaras dengan perubahan paradigma terhadap pendidikan, khususnya terhadap pembelajaran, tulisan ini membahas tentang penyusunan buku teks pelajaran berbasis aneka sumber. Tulisan ini diawali dengan perubahan paradigma terhadap pendidikan yang membawa dampak perubahan kedudukan peserta didik dalam proses belajar dan membelajarkan. Peserta didik menjadi subjek dan pusat perhatian dalam merancang serta melaksanakan pembelajaran. Pendidik berperan lebih sebagai perancang, pengelola, fasilitator, tutor, dan mentor. Kemudian, tulisan ini membahas peranan buku teks pelajaran sebagai salah satu sumber belajar. Berkaitan dengan usaha memberikan kecakapan belajar agar mampu belajar sepanjang hayat, tulisan ini mengangap perlu menyusun buku teks pelajaran yang dapat dijadikan acuan dalam mewujudkan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif, efektif, dan menyenangkan. Isi buku pelajaran dianggap perlu dikembangkan dengan mendayagunakan berbagai sumber belajar di lingkungan peserta didik. Dalam menyusun buku yang berbasis aneka sumber itu, tulisan ini menawarkan sejumlah gagasan yang perlu dikembangkan dalam menyusun isi, metode pengembangan isi, bahasa, ilustrasi, dan grafika buku teks pelajaran.

Kata kunci: Paradigma pendidikan, pembelajaran, sumber belajar, pembelajaran kontekstual, buku teks pelajaran.

In the line of paradigm shift about education, particularly in teaching-learning process, this article discusses the textbooks based on various resources. The first part of this article describes the paradigmshift about education and its impacts on the learners’ roles in teaching-learning process. The learners become the subjects and the focus of interest in designing and conducting the instructional programs. Teacher acts more as an instructional designer and manager, facilitator, tutor, and mentor. Next, this article discusses the role and function of textbook as learning resource. To make instructional process becomes active, creative, innovative, effective, and joyful as well as to enable the learners to obtain life-long learning skill, the textbooks should provide rich information referring to and utilizing various learning resources available within their environment. With this context in mind, this article proposes a set of ideas to be elaborated further in developing the textbooks based on various learning resources, such as considerations in developing content, methods of developing content, language, illustration and graphic aspects..

Perubahan Paradigma tentang Pendidikan

Kemajuan yang pesat di bidang ilmu pengetahuan (termasuk ilmu pendidikan) dan teknologi (termasuk teknologi pendidikan/ pembelajaran), serta perubahan lingkungan yang terjadi secara alamiah atau karena perbuatan manusia, mempengaruhi cara berpikir manusia. Perubahan-perubahan yang terus menerus terjadi, juga mendorong perubahan cara berpikir manusia menanggapi dunia atau apa yang disebut Lincoln (1985: 29) dengan istilah paradigma atau Weltanschauung. Sebagai ilustrasi, Reigeluth (1994:5) memberikan contoh perubahan cara berpikir manusia terhadap sarana transportasi, keluarga, perusahaan, dan pendidikan dari era pertanian, ke era industri, sampai ke era informasi. Khusus di bidang pendidikan, Reigeluth (1994:8) menggambarkan terjadi perubahan pandangan manusia terhadap pendidikan akibat perubahan di lingkungan kerja dari era industri ke era informasi, sebagai berikut.

Perubahan Sistem Pendidikan

dari Era Industri ke Era Informasi Akibat

Perubahan di Lingkungan Kerja

Era Industri                                                             Era Informasi

Tingkat kelas                                                           Kemajuan terus menerus

Penguasaan isi                                                       Belajar berdasarkan kemampuan

Tes berdasarkan patokan                                  Tes individual

Penilaian tidak autentik                                      berdasarkan kinerja

Penyampaian bahan ajar berdasarkan

kelompok                                                                 Rencana belajar secara individual

Belajar secara bersaing                                      Belajar kooperatif

Kelas                                                                          Pusat belajar

Guru sebagai sumber pengetahuan              Guru sebagai pemandu dan tutor

dalam belajar

Menghapal fakta yang tidak berarti            Kemampuan berpikir dan

memecahkan masalah, dan membuat

makna

Kemampuan membaca dan menulis

yang terpisah.                                                       Kemampuan  berkomunikasi

Buku sebagai alat                                               Teknologi maju sebagai alat.

Download artikel untuk membaca lebih lanjut :

http://www.ziddu.com/download/10512198/Hal.95-102BukuTeksPelajaran.pdf.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s